Cakra tenaga hayat manusia

Cakera tenaga hayat manusia

Chakra adalah suatu pusaran, simpul kekuatan, atau pusat tenaga dan kehidupan yang ada didalam tubuh manusia yang membentuk lingkaran menyerupai cakram yang dibawa sejak lahir. Chakra berasal dari bahasa sansekerta yang berarti roda. Disebut demikian karena bila dilihat dari depan bagaikan sebuah roda yang berputar. Gambaran roda ini timbul karena chakra sebenarnya terdiri atas beberapa daun (yang bervariasi jumlahnya pada tiap chakra) yang berputar. Jumlah dari chakra diseluruh lapisan manusia semuanya berjumlah 365 buah dimana terbagi 3 kelompok yaitu chakra mayor/utama, chakra minor/biasa, dan chakra mini. Pada saat lahir, chakra-chakra itu masih tertidur atau tidak aktif. Chakra perlu diaktifkan supaya kita dapat dipergunakan sesuai keinginan kita. Pembangkitan/pengaktivasian Chakra dapat dilakukan secara cepat dan aman dengan menempuh proses sekitar 15-20 menitan saja. Chakra-chakra bisa saja terbuka dengan sendirinya melalui olah nafas namun perlu waktu yang lama dan latihan yang rutin.
Setiap orang memiliki sistim energi, salah satu dari sistim ini adalah sistem chakra yang berisi informasi energi dan spritual. Meskipun jumlah chakra ada ratusan di dalam tubuh, namun yang paling utama didalam tubuh manusia adalah 7 chakra utama/mayor yang merupakan pusat energi psikis yaitu :

1.CAKRA DASAR (MULADARA)

Chakra ini lebih dikenal dengan badan fisik yang terletak di ujung tulang ekor. Chakra ini berwarna merah muda dan mempunyai 4 lembar daun. Chakra dasar merupakan pusat energi dari tubuh fisik, kehidupan materi dan keinginan untuk hidup, menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh.
Chakra dasar yang aktif maka seseorang akan cenderung untuk hidup dengan penuh semangat dan motivasi tetapi sebaliknya chakra dasarnya kecil, kotor dan terhambat maka akan hidup bermalas-malasan tanpa semangat bahkan memiliki kecendrungan untuk mudah putus asa bahkan bunuh diri.

2.CAKRA SEK (SWADISTANA)
Chakra ini terletak pada tulang pelvis. Chakra sex berwarna oranye dan memiliki 6 lembar daun. Chakra sex berhubungan dengan penciptaan atau reproduksi dan mempengaruhi aktifitas seksual. Chakra sex berkaitan erat dengan chakra tenggorokan yang berfungsi dalam penciptaan kreatifitas atau ide. Chakra sex yang bersih dan aktif akan memiliki pikiran yang lebih positif, perasaan senang serta percaya diri tetapi sebaliknya jika chakra sexnya kotor dan terhambat akan mempengaruhi emosi negatif manusia seperti perasaan sedih, marah, kecewa, tidak perduli, kasar, berfikir negatif (kurang kreatif) termasuk seks menyimpang dan bentuk-bentuk emosi negatif lainnya.

3.CAKRA PUSAR (MANIPURA)

Chakra ini terletak di pusar. Chakra ini amat penting dalam mempertahankan vitalitas seseorang. Chakra ini berwarna kuning dan memilki 10 lembar daun. Cakra ini menghubungkan antara titik kesadaran dan titik alam bawah sadar. Chakra pusar berkaitan erat dengan sifat-sifat yang membawa kecenderungan seperti iri hati, rasa malu, tidak puas, murung, benci, dan takut (kekurangan rasa aman). Seseorang dengan chakra pusar yang berkembang dan bersih maka akan dapat mengatasi hal-hal tersebut dan mengubahnya menjadi sesuatu yang positif seperti rasa aman, puas, gembira, nyaman dan percaya diri.

4.CAKRA JANTUNG (ANAHATA)

Chakra ini berhubungan dengan tubuh fisik terletak di dada, tepat dijantung. Chakra ini berwarna hijau dan mempunyai 12 lembar daun. Chakra jantung adalah chakra yang amat penting dalam spiritual karena merupakan pusat dari seluruh perasaan halus seperti kasih sayang, cinta, penyembuhan dan peduli kepada semua ciptaan Tuhan. Secara fisik chakra jantung mengatur jantung dan kelenjar thymus. Jika chakra jantungnya kecil, kotor atau terhambat akan membuat seseorang memliki kecendrungan egois, sombong, fanatik, tamak/rakus, munafik dan gelisah. Tetapi jika chakranya berkembang dengan baik menyebabkan seseorang penuh cinta kasih dan dapat berempati terhadap sesama.

5.CAKRA TENGGOROK (VISUDHI)
Chakra ini berada ditenggorok. . Chakra ini berwarna biru muda dan memiliki 16 lembar daun. Secara fisik chakra ini memberikan energi ke kelenjar thyroid dan parathyroid. Chakra ini merupakan pusat penciptaan yang lebih tinggi (kreatifitas) dan hubungan antar manusia. Seseorang dengan chakra tenggorokan yang berkembang akan memiliki pengertian yang mendalam mengenai hubungan yang baik dengan sesama serta berfungsi mempengaruhi semangat atau motivasi seseorang secara lisan, kepasrahan, keberhasilan, kelimpahan dan kesejahteraan serta pengembangan pengetahuan duniawi. Jika chakra tenggorok dan chakra jantungnya bersih akan mengakibatkan seseorang mampu mengekspresikan seluruh isi hatinya dengan baik.

6.CAKRA MATA KE TIGA (AJNA)
Pusat energi ke-6 adalah Chakra ajna yang terletak diantara kedua mata. Chakra ini berwarna keunguan/nila atau indigo. Chakra ini berfungsi untuk memberi energi ke kedua mata, hidung dan kelenjar pituitary. Disebut chakra mata ke-3 karena chakra yang berkembang aktif dapat memberikan kewaskitaan (berkaitan dengan dimensi lain/clairvoyance) atau kekuatan psikis lainnya. Selain itu, sering disebut pula berkaitan erat dengan pengetahuan duniawi dan pengetahuan surgawi (spritual). Seringkali manusia yang yang telah mencapai taraf pewaskitaan terpesona oleh sensasi tersebut dan lama terhambat pada kesadaran ditahap ini dan melupakan tujuan utamanya

7.CAKRA MAHKOTA (SAHASRARA)
Ini pusat energi ke-7. Chakra ini terletak di kepala bagian atas/ubun-ubun dan berwarna putih. Chakra ini berkaitan langsung dengan kesadaran spiritual atau keyakinan seseorang kepada Tuhan atau sebagai pusat masuknya energi Illahi keseluruh lapisan tubuh dan kesadaran. Jika chakra ini telah berkembang aktif secara sempurna, akan membawa seseorang pada tingkat spritual yang lebih tinggi dan akan banyak mengetahui rahasia alam. Menjaga chakra ini selalu bersih amatlah penting agar energi spiritual dapat diterima secara terus menerus oleh seluruh tubuh. Chakra mahkota yang terbuka dengan lebar maka seseorang dapat melakukan perjalan astral dengan lebih mudah.

Pembangkitan/pengaktivasian chakra-chakra dapat dilakukan secara instant. Dan hanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menitan saja. Ciri-ciri chakra kita telah aktif antara lain : Jika kedua telapak tangan kita pertemukan dengan jarak sekitar 15-20 cm secara terbuka didepan dada dan kita coba dekatkan dan jauhkan kedua telapak tangan itu maka akan ada sensasi seperti getaran, daya tarik menarik, dorong mendorong, kesemutan seperti ditusuk jarum halus, hangat atau sensasi lainnya tergantung dari kepekaan orang tersebut. Jika sudah merasakan sensasi seperti itu berarti kita sudah peka dan terbuka chakranya. Setelah itu akan ada beberapa pembuktian untuk membuktikan bahwa chakra-chakra kita sudah aktif yaitu dengan membuat telur menjadi sekeras batu setelah di aliri energi chakra yang sudah diaktivasi/dibangkitkan, membuat air kesehatan yang rasanya akan berubah setelah dialiri energi, membuat benda kecil menjadi berkekuatan magnet, membuat pendulum dan lain lain.

(Salam…Kang Agus MetafisikaBogor).

About zainura66

Pencinta Alam Semesta
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s